Wednesday, May 23, 2012

"spongeroscope"


Belakangan saya menjadi lebih puyeng dengan makin banyaknya kerjaan di kantor. Apalagi dengan pergeseran beberapa pengurus divisi yang turut berperan menghasilkan kesibukan ekstra yang tak pernah saya harapkan sebelumnya. Tetapi asyiknya di tempat saya bekerja, sesibuk apapun, anda tetap akan punya waktu luang untuk sekedar bersantai dan berdiskusi tentang apa saja.

          Dari obrolan bebas diantara sesama teman kantor, tema obrolan malah mengacu seputar zodiac dan shio. Ternyata beberapa teman sangat yakin bahwa kepribadian dan etos kerja seseorang memiliki relasi yang erat dengan zodiac atau shio yang dimilikinya. Terus terang, saya bukanlah seseorang yang yakin seratus persen dengan ihwal dan kebenaran kedua jenis ramalan umum itu, saya hanya meyakini yang kira-kira benar adanya (menurut saya begitu).

          Disini saya lebih tertarik membicarakan shio, karena berdasarkan browsingan singkat di dunia maya, ternyata shio yang saya miliki merupakan salah satu diantara sekian banyak shio yang memiliki sifat-sifat terpuji. Secara garis besar sifat-sifat tersebut dapat disimpulkan sebagai, rendah hati, ramah dan memiliki cita rasa yang tinggi. Oleh karena saya meyakini bahwa kesimpulan itu benar adanya, maka saya percaya dengan shio yang menaungi saya.

          Namun terkadang, sebagian besar sahabat saya percaya sekali dengan shio-shio itu, bahkan beberapa diantaranya meyakini bahwa pengaruhnya linier dengan kepribadian orang yang dinaunginya. Pemilik shio Kelinci merupakan pribadi yang baik hati, bila anda bershio Macan berarti anda orang yang menyebalkan dan suka menyuruh-nyuruh, pemilik shio Kerbau selalu dapat memimpin semua orang dan pemilik shio Anjing dan Babi merupakan orang-orang yang penderitaannya bahkan telah dimulai ketika mereka lahir di tahun kedua hewan itu. Pemilik shio
Naga berarti orang yang membosankan dan suka memukul orang tanpa alasan. Dengan kata lain, karakter setiap orang telah disematkan melalui pemahaman pershioan seperti ini, akhirnya terbentuk pola pikir bahwa kemampuan tiap-tiap individu beserta masa depannya telah terprediksi dengan hadirnya shio-shio ini.

          Yang unik, penyematan pemilik shio Kerbau sebagai orang yang lebih pantas memimpin menimbulkan tanda tanya tersendiri. Apakah didalam dunia mitologi China, Kerbau memiliki posisi yang demikian istimewa, bahkan melampaui Naga dan Macan yang saya pahami sebagai symbol kekuatan dan kebijaksanaan. Dan yang lebih ekstrim, apakah sebagian besar pemimpin saat ini bershio Kerbau? (walaupun yang mirip sih mungkin banyak), lantas apakah kita dapat menggunakan terminology kerbau ini untuk memuji atasan yang bijak memimpin? Seperti memuji boss dengan kalimat “wah anda seperti kerbau pak!” atau “anda memang bijak seperti kerbau, bu!”, maka alih-alih mendapatkan promosi jabatan, anda justru mungkin akan diturunkan dari posisi anda saat ini.

          Walaupun demikian, saya cenderung tidak sejalan dengan pemikiran seperti itu, karena sifat-sifat setiap orang itu berbeda. Tergantung dari lingkungan serta tempat dimana ia tinggal dan seperti apa kehidupannya. Secara spesifik, saya lebih senang menggunakan analogi lain untuk mengelompokkan setiap individu, yaitu Spongebob Squarepants. Memang, selain saya memang senang dengan lelucon-lelucon segar yang ada di kartun itu, saya juga tersadar bahwa ternyata sifat alamiah manusia dapat pula digambarkan dengan cerdik. Tokoh-tokoh seperti Spongebob, Patrick, Shandy, Plankton, Mr. Crab dan Squidward, saya anggap dapat merefleksikan sifat setiap orang.

          Orang dengan karakter seperti Patrick sering membuat bingung siapa saja. Mereka terlalu spontan sehingga kerap dianggap konyol oleh sebagian orang. Sekalipun lugu, orang dengan karakter seperti ini cenderung bersikap ramah dan bersahaja. Pekerjaan yang diberikan kepada orang jenis ini lebih sering terbengkalai karena mereka tidak dapat bekerja dalam tim. Hal ini berbeda dengan Shandy yang cerdas dan disukai oleh siapa saja. Mereka selalu haus dengan pengetahuan dan memiliki banyak cara untuk melakukan eksperimen. Kelompok Shandy memiliki banyak pengalaman yang dapat dibagi dengan orang disekitarnya. Mereka memiliki semangat yang tinggi untuk berusaha dan seringkali mengalirkan energi positif bagi teman-temannya. Namun Shandy seringkali teledor, mereka hampir selalu dapat memulai sesuatu dengan baik, tetapi tidak selalu dapat mengakhirinya dengan sempurna.

          Kelompok Plankton dan Mr. Crab sebenarnya memiliki sifat dasar yang hampir serupa yakni banyak akal dan kerap dianggap licik karena menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Meskipun demikian, keduanya merupakan pekerja keras. Mereka memiliki banyak ide untuk mewujudkan keinginannya dan tak pernah menyerah sekalipun mesti jatuh berkali-kali, karena sejatinya pencapaian yang diinginkan oleh kedua kelopok ini adalah sebuah kesempurnaan.

          Orang-orang yang memiliki sifat seperti Squidward juga pada dasarnya menghendaki kesempurnaan, namun sayang harapan mereka seringkali terbang terlalu tinggi, hingga sekalipun membutuhkan usaha ekstra keras untuk mewujudkannya, namun tujuan mereka seringkali tidak tergapai. Mereka juga memiliki standar hidup yang sangat tinggi yang dipandangnya sebagai sebuah konsep yang ideal, dan wajib dimiliki oleh setiap orang termasuk dirinya. Tetapi kenyataan seringkali berbeda dengan impian dan menyebabkan kelompok ini cenderung tidak selalu puas dengan keadaannya sendiri sehingga mereka kerap membencinya. Disamping itu, tidak puas dengan keberhasilan orang lain, juga telah menjadi salah satu sifatnya. Hal ini menyebabkan mereka sering tidak dapat diterima dengan baik dilingkungan tempatnya berada. Walaupun sifat buruk dan kekuranganya lebih dominan, tetapi kelompok ini memiliki cita rasa yang berada diatas orang kebanyakan, dan menyebabkan ia seperti hidup didalam dunianya sendiri.

          Karakter Spongebob merupakan sifat yang saya anggap paling menyenangkan, walaupun seringkali ia teledor dan konyol dalam memecahkan sebual permasalahan, namun ia sanggup menertawakan keadaan. Salah satu yang tidak setiap insan memilikinya. Dengan kemampuan seperti itu, para Spongebopers akan selalu dipandang sebagai sahabat yang menyenangkan bagi banyak orang. Uniknya, sikapnya yang selalu ingin menyenangkan siapa saja itu seringkali merepotkan dirinya sendiri. Sehingga bagi sebagian teman yang dekat dengannya, ia akan dipandang sebagai seseorang yang selalu punya banyak pekerjaan. Meskipun demikian, ia tetaplah sebuah pribadi yang menyenangkan dan selalu berusaha agar setiap sahabatnya merasa nyaman bersamanya.

          Pendeknya, Attitude setiap orang seringkali tidak serupa satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena perbedaan pola pikir yang dipengaruhi oleh berbagai pengalaman dan karakter setiap orang yang berbeda-beda. Jangankan sifat, bukankah secara genetic tidak ada satu orang pun yang memiliki sidik jari yang sama? Bukankah menyatukan pikiran dari dua orang lebih mudah daripada sepuluh orang? Maka sesungguhnya klaim sifat dan karakter manusia yang telah ditetapkan berdasarkan horoskop tidak selalu menunjukkan karakter yang sebenarnya atau bahkan kontras. Menegaskan pemilik shio Kerbau sebagai orang yang pantas memimpin, berarti mengecilkan peran pemilik shio Macan untuk berusaha lebih keras dalam memimpin. Lantas, bagaimana dengan pemilik shio Anjing dan shio Babi? Apakah mereka Cuma pantas menjadi orang-orang yang “dipimpin” tanpa memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi apa saja yang mereka inginkan?  

Nah, anda sekalian termasuk didalam kelompok yang mana?!.

No comments:

Post a Comment